Agus Priyono Resmi Pimpin BPK Kaltim, Siap Dorong Daerah yang Belum Raih WTP

94

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA –¬†Pucuk pimpinan Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Kaltim telah resmi berganti. Agus Priyono menjadi pimpinan baru menggantikan Dadek Nandemar.

Peralihan jabatan resmi dilakukan pada prosesi serah terima jabatan (Sertijab) yang dilakukan di Kantor Perwakilan BPK Kaltim di Jalan M Yamin, Samarinda, Jumat (23/9/2022).

Dadek Nandemar kini resmi berpindah ke BPK Sulawesi Tenggara. Sementara Agus Priyono sebelumnya menjabat sebagai Kepala Perwakilan BPK Kalimantan Tengah.

Anggota VI BPK RI, Pius Lustrilanang mengatakan, pergantian pucuk pimpinan di BPK itu merupakan hal yang biasa sebagai langkah penyegaran. Karena selaku pemeriksa dituntut kemandirian, profesional dan integritas.

Pius menerangkan, untuk Provinsi Kaltim hasil pemantauan penyelesaian tindaklanjut pada tahun 2022 telah mencapai 87 persen.

“Kaltim di atas rata-rata nasional yang hanya 77,3 persen. Dan Kaltim urutan VI di Indonesia,” kata Pius.

Dirinya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pemerintahan di daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota. “Semoga dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan kembali di masa mendatang,” terangnya.

Kepala Kantor Perwakilan BPK Kaltim Agus Priyono menerangkan dengan amanah baru ini dirinya akan melaksanakan pemeriksaan secara reguler. Nantinya akan diberikan rekomendasi untuk perbaikan pengelolaan di wilayah Kaltim.

“Tentu selain itu juga memberikan wawasan kepada pemerintah daerah, dan berikan pilihan kepada BPK dalam menentukan kebijakannya,” terang dia.

Ia menyebut, program pertama yang akan dilakukan adalah meneruskan program yang belum selesai. Bahwa adanya rekomendasi terhadap pemerintah daerah akan diselesaikan.

“Kita push terus agar tindaklanjut bisa selesai. Terutama dua daerah yang belum memperoleh WTP. Itu akan kita dorong hal-hal yang buat tidak WTP agar bisa terselesaikan,” jelas dia.

Sementara Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Kaltim mengucapkan selamat atas dilaksanakannya serah terima jabatan ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Dadek yang telah bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat Kaltim sekaligus pemerintah kabupaten/kota se-Kaltim. Kami merasa keberadaan Dadek memberikan kontribusi yang besar dalam kegiatan pembangunan di Kaltim ini. Selamat datang Pak Agus, saya yakin tetap melanjutkan dan bisa bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat Kaltim,” jelasnya.

sumber : https://korankaltim.com/read/samarinda/56545/agus-priyono-resmi-pimpin-bpk-kaltim-siap-dorong-daerah-yang-belum-raih-wtp