Upacara dan Syukuran Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 BPK RI

546

Samarinda, Humas– Pada tanggal 25 Januari 2022, bertempat di Auditorium Lantai 2 Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 BPK RI. Pelaksanaan upacara kali ini tidak dilaksanakan di lapangan terbuka dikarenakan cuaca di Kota Samarinda dan sekitarnya diguyur hujan.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, Bapak Dadek Nandemar S.E., MIT., Ak., CFE, CA, CSFA dan komandan upacara adalah Bapak Gunawan Firmanto, S.H., C.L.A. Peserta upacara adalah seluruh Pegawai di Lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur. Sebelum pelaksanaan upacara dimulai, para peserta upacara mendengarkan pembacaan Sejarah BPK RI.

 

Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan pembacaan nama pegawai yang memperoleh Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya pada BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur. Selanjutnya inspektur upacara menyematkan tanda kehormatan kepada lima pegawai yang menerima penghargaan. Nama-nama pegawai yang tersebut adalah Rizki Rani Ahmad, S.M., Ciska Faktoria Sonatha, S.Hut., M.M., Haris Ahmad Fadli, S.AB., M.AP., Alfian Deby Artha, S.H., dan Baren Sipayung, S.H., C.L.A.

Setelah menyanyikan Hymne BPK, inspektur upacara membacakan Pidato Ketua BPK, Bapak Dr. Agung Firman Sampurna, CSFA., CFrA., CGCAE., QGIA. Pidato tersebut berisi tentang capaian selama 75 tahun usia BPK RI dan bahwa 75 tahun merupakan usia istimewa dalam suatu organisasi. Ulang tahun ke-75 disebut sebagai ulang tahun berlian dan berlian merupakan mineral yang paling indah dan paling kuat serta berlian dibentuk dengan proses yang panjang dengan panas dan tekanan sehingga atom karbon mengkristal dan membentuk berlian. Dengan analogi berlian tersebut, beliau menyampaikan bahwa BPK saat ini dapat menampilkan karakter organisasi pada tingkat soliditas dan kinerja tertingginya, setelah melalui proses waktu berhasil survive dari tekanan yang luar biasa. Tahun ini, BPK menerima lebih dari 30 penghargaan di tingkat nasional baik untuk satker pusat maupun perwakilan. Penghargaan nasional yang diterima itu mulai dari popularitas di media, jurnal atau media yang diterbitkan, pengelolaan Anggaran, ASSET dan SDM hingga penetapan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Pengakuan atas kiprah dan kompetensi BPK itu bahkan tidak saja sebatas level nasional, tetapi juga pada level regional, kontinental dan internasional. BPK tidak hanya mendapat kepercayaan untuk dipilih sebagai auditor eksternal lembaga-lembaga internasional. Seperti IACA, IAEA dan IMO, tetapi juga menduduki jabatan-jabatan internasional strategis, mulai dari ASEANSAI, ASOSAI, INTOSAI Development Inititative, dan puncaknya adalah UN, United Nations, Persatuan Bangsa-Bangsa. Dalam sejarah 76 tahun Persatuan Bangsa-Bangsa, baru Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia yang menduduki jabatan strategis sekaligus di bidang pemeriksaan, yakni Wakil Ketua BPK sebagai Vice Chairman UN IAAC yang 3 merupakan lembaga internal Audit PBB dan Ketua BPK sebagai Vice Chairman UN Panel of External Auditor yang merupakan lembaga yang mewadahi forum auditor eksternal seluruh lembaga under UN System.

Setelah upacara selesai, dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Kepala Perwakilan serta makan bersama seluruh Pegawai, Pegawai Tidak Tetap (PTT), dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) di Lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur.