Terima Sertifikat, Perpustakaan BPK Kaltim Raih Akreditasi ‘A’

120

 

 

 

Samarinda, 14 Desember 2023 – Perpustakaan Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (BPK Kaltim) berhasil meraih Akreditasi “A” pada November lalu. Raihan akreditasi “A” Perpustakaan BPK Kaltim ini diberikan oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (LAP-PNRI) sebagai lembaga yang memiliki hak melakukan kegiatan akreditasi perpustakaan dan mengeluarkan sertifikat akreditasi perpustakaan.Sertifikat akreditasi perpustakan pun telah diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim Drs. M. Syafranuddin,MM kepada Kepala Sekretariat Perwakilan (Kasetlan) BPK Kaltim Ir. Indra Priyo Suseno S.T., M.AP., MH, CSFA, saat terselenggaranya acara Sosialisasi dan Sharing Session Sertifikasi Pustakawan dengan tema “Mewujudkan Tenaga Perpustakaan yang Profesional sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Perpustakaan”, Kamis (14/12) di Ruang Oemar Dachlan, Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim.

Diketahui, akreditasi perpustakaan merupakan rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh LAP-PNRI yang menyatakan bahwa lembaga perpustakaan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan. Akreditasi perpustakaan merupakan sebuah bukti pengakuan bahwa perpustakaan sudah berstandar nasional.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim, Drs. M. Syafranuddin,MM, saat menyerahkan sertifikat akreditasi tersebut kepada Perpustakaan BPK Kaltim bersama dengan lima perpustakaan lain di antaranya Perpustakaan BPMP Provinsi Kaltim, Perpustakaan SMAN 6 Samarinda, Perpustakaan SDN 007 Samarinda Ilir, Perpustakaan SDN 005 Samarinda Ilir dan Perpustakaan SD IT Cordova Samarinda, mengucapkan selamat atas pencapaian tersebut dan berharap pelayanan perpustakaan ke depannya lebih meningkat lagi serta dapat mempertahankan sekaligus meningkatkan inovasi pelayanannya.

Syafranuddin menambahkan akreditasi memiliki peranan penting dalam mewujudkan perpustakaan berstandar nasional. Sekaligus untuk meningkatkan kepercayaan pemustaka terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan. (fly)