Sukses Digelar, Puncak Acara HUT Ke-76 BPK RI Berlangsung Meriah

138

Samarinda – Setelah menggelar sejumlah perlombaan untuk memeriahkan HUT ke-76 BPK RI, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar puncak acara pada Selasa, 17 Januari 2023. Acara puncak tersebut berupa upacara, family gathering, seminar dari DWP BPK Perwakilan Provinsi Kaltim dengan tema “Pasangan Bijak untuk Rumah Tangga Harmonis dan Kinerja Produktif” dan ditutup dengan acara Pelepasan Pegawai Mutasi di Auditorium Lt.2 Kantor BPK Perwakilan Kaltim.

Pada pelaksanaan upacara peringatan HUT Ke-76 BPK RI, Kepala BPK Perwakilan BPK Provinsi Kaltim Agus Priyono, S.E., M.Si., Ak, CA, CSFA bertindak sebagai inspektur upacara. Digelar di halaman kantor dan diikuti oleh seluruh pegawai, upacara dikomandoi oleh Feddy Bayu Novaldy dan menampilkan pasukan pengibar bendera yang berasal dari CPNS BPK.

Menyampaikan sambutan Ketua BPK RI Dr. Isma Yatun, CSFA., CFRA, Kepala Perwakilan mengatakan di tengah lajunya era teknologi informasi, BPK telah membangun Digital Enterprise Architecture (DNA) BPK untuk pemetaan proses bisnis, BPK General Office Automation (BPK GO) untuk integrasi dan kemudahan akses semua aplikasi di BPK, serta pengembangan Big Data Analytics (BIDICS) untuk mendukung pelaksanaan tugas melalui transformasi digital.

Tahun 2022 juga menjadi momentum peningkatan kapasitas melalui kerja sama internasional dengan menginisiasi pembentukan Supreme Audit Institution 20 (SAI20) sebagai new engagement group G-20 dan terpilihnya BPK sebagai Chair of United Nations Panel of External Auditors, sebagai satu panel pemeriksa eksternal United Nations, Specialized Agencies and International Atomic Energy Agency.

“Selain capaian yang telah diperoleh, kita juga harus melihat tantangan utama yang akan dihadapi BPK. Tantangan terkait penegakan nilai-nilai dasar BPK yang perlu memperoleh perhatian dan komitmen kita bersama, karena akan berdampak pada kredibilitas dan kepercayaan pemangku kepentingan,” kata Kepala Perwakilan.

Usai pelaksanaan upacara bendera, pegawai kembali berkumpul di halaman kantor untuk mengikuti Family Gathering yang kali ini dipenuhi dengan hadiah menarik untuk semua pegawai. Situasi semakin seru ketika seluruh pegawai termasuk para pejabat struktural mengikuti beragam game yang dibawakan oleh panitia. Family Gathering ditutup dengan pengundian nomor doorprize dan penyerahan hadiah-hadiah para pemenang perlombaan yang telah dilaksanakan pekan lalu.

 

Setelah itu, pegawai beserta keluarga dipersilakan ishoma sebelum mengikuti kegiatan selanjutnya, yaitu seminar yang digelar oleh DWP BPK Perwakilan Provinsi Kaltim. Seminar mengambil tema “Pasangan Bijak untuk Rumah Tangga Harmonis dan Kinerja Produktif” dengan narasumber Elda Trialisa Putri, M.Psi yang berprofesi sebagai Psikolog Klinis RSJD AHM.

Seminar yang dimoderatori oleh Dwi Afriyanti, S.E.,M.Si.,Ak ini membahas tentang bagaimana individu terlibat dan puas dengan peran dalam urusan pekerjaan dan keluarga. Seminar yang berlangsung selama satu jam lebih ini juga membahas cara tepat menjalankan work family balance (WFB) dan tepat dalam mengatur waktu agar seimbang di antaranya dengan kerja cerdas dan produktif, istirahat yang cukup hingga bisa menjadwalkan quality time keluarga secara rutin.

Rangkaian acara hari ini ditutup dengan acara Pelepasan Pegawai Mutasi yang ada di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kaltim. Kepala Perwakilan dan para pejabat struktural pun mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang diberikan oleh seluruh pegawai yang mutasi, selama bekerja bersama di Kantor Perwakilan BPK RI Provinsi Kaltim. Selain itu, Kepala Perwakilan juga mengajak para pegawai untuk terus meningkatkan kinerjanya dan kebersamaannya. (fly)