Persiapan WBBM, BPK Kaltim Gelar Sosialisasi ke Pegawai

319
Samarinda, 19 Juni 2023 – BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus berupaya mempersiapkan diri dalam Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Salah satunya dengan menggelar sosialisasi yang dihadiri seluruh pegawai BPK Perwakilan Kaltim pada Senin (19/6) di Auditorium Nusantara yang dimulai pukul 19.30 Wita.Giat sosialisasi dibuka dengan mendengar arahan dari Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kaltim, Agus Priyono S.E., M.Si., Ak, CA, CSFA. Dalam arahannya, Kepala Perwakilan mengatakan bahwa sosialisasi kali ini sebagai pengingat bagi seluruh pegawai m agar terus menerapkan budaya kerja “Berkinerja Memuaskan”, mengedepankan integritas, independensi, dan profesional, serta disiplin dan mengutamakan pelayanan prima..

“Para pegawai harus terus menerapkan “Berkinerja Memuaskan” sebagai moto pelayanan BPK Kaltim dan berdisiplin dalam melaksanakan tugas,” kata Kepala Perwakilan.

 

Setelah memberikan arahan, dilanjutkan sesi paparan oleh masing-masing koordinator bidang yang merupakan tim Pembangunan Zona Integritas menuju WBBM. Selaku koordinator bidang Manajemen Perubahan, I Made Dwi Sadnyana memberikan materi mengenai inovasi yang dikembangkan di BPK Kaltim sebagai wujud komitmen untuk memberikan perbaikan pelayanan di antaranya inovasi Buku Saku Budaya Kerja, Klinik Hukum Online (KHO), Buku Pintar LKPD, Kamus Pintar TLRHP, dan Saluran Komunikasi Penegakan Integritas.

Paparan tiap bidang dilanjutkan untuk bidang Penataan Tatalaksana yang dipaparkan oleh Kepala Subbagian Umum dan TI, Zufrizal, S.E. Pada bidang ini dipaparkan tentang inovasi yang dilakukan untuk memberikan layanan prima dengan membuat Buku SOP IKAN berisi SOP-SOP dan Instruksi Kerja (IK) di BPK Kaltim, dan Aplikasi Arsip untuk menatausahakan arsip.

Sementara pada Bidang Penataan Sistem Manajemen SDM yang dipaparkan Kepala Subbagian Sumber Daya Manusia, Beny Kurniawan memuat aplikasi Pusat Data Manajemen SDM Terpadu Profiling Pegawai BPK Perwakilan Kaltim (Master Property) untuk memudahkan pimpinan dalam pengambilan keputusan serta aplikasi kesehatan atau SipKes untuk memantau kesehatan pegawai.

Dilanjutkan paparan bidang Penguatan Akuntabilitas oleh Kepala Subbagian Keuangan, Moh. Enda Juanda yang membangun Sistem Monitoring Perjalanan Dinas (Si Modis), Sistem Manajemen Monitoring Realisasi Anggaran (SiMamora), dan Aladdin Pemesanan Hotel. Kemudian paparan dilanjutkan oleh Rozak Muchlis Mirjaya sebagai koordinator bidang Penguatan Pengawasan yang membangun aplikasi Survei Layanan Pemeriksaan (SULAP) dan Digitalisasi E-KKP sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas dalam pemeriksaan.

 

Terakhir, pada bidang Peningkatan Kualitas Pelayan Publik dipaparkan oleh Kepala Subbagian Humas dan TU Kalan, Meida Vhenita Dewi dengan paparannya pada bidang ini telah membangun aplikasi-aplikasi yang menunjang pelayanan publik seperti aplikasi Andayani, Aplikasi Ajang Dengar Kritik dan Masukan (Adimas), aplikasi Survei Layanan Kesekretariatan dan Kehumasan (Sunan Emas), Cari Kata Pemeriksaan, Kesekretariatan dan Pelayanan (CAKEP), Aplikasi Perpus (APPUS), Halo BPK, Buku Saku Inovasi, dan Aplikasi Komunikasi.

Acara yang berlangsung dari pukul 19.30-20.30 WITA tersebut diikuti dengan antusias dan semangat oleh para pegawai sebagai wujud komitmen BPK Kaltim untuk terus menjaga integritas, independensi, dan profesionalisme serta berorientasi pada pelayanan prima, sejalan dengan budaya kerja BPK Kaltim “Berkinerja Memuaskan”. (evr)