Peringatan Harkitnas ke-115 Tahun, Semangat untuk Bangkit!

201
Samarinda, 22 Mei 2023 – 115 tahun yang lalu pada tanggal 20 Mei 1908, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan, menjadi satu barisan utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo. Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil dan makmur.Boedi Oetomo didirikan oleh dr. Soetomo bersama para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA), untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalan dari bangsa lain di masa itu. Barisan persatuan tersebut menjadi pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit, baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan. Inilah yang menandai awal kebangkitan Indonesia, yang selanjutnya diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).

Hal tersebut merupakan momentum sejarah yang tidak boleh dilupakan oleh generasi penerus, untuk menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan dan landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan nasional. Di masa ini, di saat kemerdekaan telah di raih, barisan perjuangan harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api “Semangat Untuk Bangkit!” demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Demikian amanat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI yang dibacakan oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Agus Priyono S.E., M.Si., Ak., CA., CSFA selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 Tahun, Senin (22/5) pukul 07.30 di Halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kaltim. Upacara dalam rangka memperingati bangkitnya bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaannya ini dihadiri oleh para pejabat struktural maupun pejabat fungsional BPK Perwakilan Provinsi Kaltim beserta segenap pegawainya.

Mengangkat tema “Semangat untuk Bangkit!” yang bermakna membangkitkan nilai nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran memerdekakan harapan masyarakat Indonesia, Menkominfo berharap Hari Kebangkitan Nasional dapat dimaknai sebagai perjuangan bersama baik dari Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik.

“Mari terus pertahankan bara api semangat kebangkitan nasional. Kita jaga agar dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak. Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan Semangat untuk Bangkit!,” ungkap Kepala Perwakilan mengakhiri sambutan dari Menkominfo RI. (fly)