“Pahlawanku Teladanku” Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-77

80
Samarinda – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-77, BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur menggelar Upacara Bendera yang bertempat di halaman Kantor Perwakilan pada Kamis, (10/11/2022) pukul 08.00 Wita. Upacara yang mengusung tema “Pahlawanku, Teladanku” ini dihadiri oleh seluruh pegawai dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Bertindak selaku inspektur upacara yaitu Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Kaltim, Agus Priyono S.E., M.Si., Ak,CA, CSFA dengan komandan upacara, Supriono. Upacara diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih diiringi dengan lagu Indonesia Raya lalu dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang berjuang demi Negara Indonesia. Upacara dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila oleh Muhammad Taufik Fitriono, A.Md, pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Muhammad Aditya Rahman, A.Md dan pembacaan pesan-pesan pahlawan oleh Arie Prayogo Pangestu S.T.

Selanjutnya, Inspektur Upacara membacakan amanat dari Menteri Sosial RI yang menyatakan bahwa Hari Pahlawan setiap tahun diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh tak lain untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup sebagai Bangsa dan Negara yang merdeka dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan, sangat penting diresapi semangat dan keikhlasannya.

Pada peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 ini pula, diingatkan bahwa bangsa Indonesia masih berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang secara nyata berada di hadapan. Mulai dari pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih hingga pada kesiapsiagaan menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid-19 yang masih berlanjut dan kelangkaan sumber daya merupakan permasalahan yang harus diperjuangkan bersama dengan penuh kesungguhan.

Untuk itu, Menteri Sosial RI dalam amanatnya mengharapkan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 bisa memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Kemudian mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan menjadikan semangat serta nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan bersama.

Diakhir sambutan, Inspektur Upacara menyampaikan bahwa Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa-masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi pemenang.

‘Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022’