Menuju WBBM, BPK Kaltim Lakukan Studi Tiru ke PTA Samarinda

135

Samarinda, 22 Juni 2023 – Sebagai Satuan Kerja (Satker) yang telah meraih Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di tahun 2020 dan sedang berproses meraih predikat Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melaksanakan Studi Tiru ke Satker yang telah meraih predikat WBBM, yaitu Kantor Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Samarinda, Kamis (22/6). Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pengamatan dan pembelajaran secara langsung kepada PTA Samarinda yang telah berhasil mendapatkan predikat WBBM tahun 2021 oleh Kementerian PAN dan RB.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kaltim Agus Priyono S.E., M.Si., Ak, CA, CS FA beserta seluruh Tim Pembangunan ZI menuju WBBM disambut hangat oleh Ketua PTA Samarinda H. Helminizami, S.H., M.H beserta jajaran. Kegiatan diawali dengan sambutan Ketua PTA yang juga menjelaskan secara singkat terkait kinerja layanan, inovasi, hingga SOP atas pelayanan pengaduan yang ada di PTA Samarinda.

“PTA Samarinda memiliki asas kinerja yakni ‘sederhana, cepat, biaya ringan’ yang menjadikan PTA Samarinda terus mengusahakan memberikan layanan terbaik bagi para pelanggannya. Hal ini sesuai dengan orientasi WBK dan WBBM,” kata Ketua PTA Samarinda.

 

Selain itu, dijelaskan pula bahwa PTA Samarinda juga memiliki beberapa pembaharuan kebijakan yang berorientasi pada pelayanan publik, salah satunya adalah memangkas tenggat waktu penyelesaian perkara perceraian dan non perceraian menjadi lebih cepat. “Kebijakan lain dalam upaya pelayanan, PTA Samarinda memiliki SOP kinerja, yang dibentuk dalam beberapa loket untuk pelayanan berjumlah 8 loket. Pengembangan pelayanan ini dalam rangka pemberian layanan hukum pada masyarakat dapat diterapkan secara adil, secara tepat, dan benar dengan asas sederhana, cepat, dan biaya ringan, sehingga PTA Samarinda mampu memperoleh predikat WBBM pada tahun 2021,” jelas H. Helminizami.

Sementara Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kaltim Agus Priyono dalam sambutannya menyampaikan terima kasih lantaran bersedia menerima kunjungan ini sebagai sarana pembelajaran dalam upaya mendapatkan predikat WBBM. “Terima kasih PTA Samarinda sudah menerima kunjungan. Pertama masuk ke Kantor PTA, sungguh menginspirasi sekali. Hal yang luar biasa, PTA Samarinda berani mengambil tantangan salah satunya memangkas waktu pelayanan menjadi lebih singkat. Banyak hal yang menjadi masukan buat kami karena memang harus mengutamakan pelayanan,” ungkap Kepala Perwakilan.

Selain mengutarakan maksud dan tujuan melakukan studi tiru, Kepala Perwakilan pun memperkenalkan secara singkat terkait profil BPK Perwakilan Provinsi Kaltim serta harapannya bisa bersinergi dengan PTA Samarinda. “Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik untuk silaturahmi, kolaborasi dan sinergi diantara kita, BPK Kaltim dan PTA Samarinda. Kami berharap dari pertemuan hari ini akan banyak manfaatnya,” harap Agus Priyono.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan terkait inovasi-inovasi di PTA Samarinda yang disampaikan oleh narasumber yang merupakan Tim Pembangunan ZI PTA Samarinda yaitu Wakil Ketua PTA Samarinda Dra. Hj. Muhayah, S.H., M.H dan Kasubag Keuangan dan Pelaporan Dessy Mustika, S.H. Dalam paparannya, tim juga berbagi pengalaman terkait persiapan, data dukung, inovasi hingga kiat sukses mendapatkan predikat WBBM.

Antusias yang tinggi dari Kepala Perwakilan beserta seluruh Tim Pembangunan ZI menuju WBBM BPK Provinsi Kaltim dalam mendengarkan paparan tersebut. Bahkan suasana menjadi semakin interaktif ketika memasuki sesi tanya jawab dan diskusi.

Setelah diskusi berakhir, rombongan Tim Pembangunan ZI menuju WBBM BPK Perwakilan Provinsi Kaltim dipandu untuk tur area (office tour) melihat fasilitas sarana prasarana, fasilitas pelayanan dan inovasi serta pengenalan ruang layanan terpadu yang terdapat di PTA Samarinda. Sehingga dalam studi tiru kali ini bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran dalam memperbaiki dan meningkatkan layanan pada BPK Perwakilan Provinsi Kaltiim. (fly)