“KORPRI Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi untuk Negeri”

160

Samarinda – Selasa (29/11/22) BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur melakukan upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) yang ke-51. Upacara bendera dilaksanakan di halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kaltim dipimpin oleh Kepala Subbagian Hukum Dewi Sekar Rukmi, S.H., M.H., C.L.A dengan komandan upacara yakni Achmad Arif Wijaya Kusuma S.Ak dan diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kaltim.

Dalam sambutan tertulis Ketua KORPRI BPK RI Dr.Dori Santosa,S.E.,M.M.,CSFA,CFrA yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, disampaikan bahwa 51 bukanlah usia yang singkat. Perjalanan usia yang menghadirkan rasa bangga, karena KORPRI terus berusaha untuk menguatkan eksistensinya, terus meningkatkan kapasitas dan kinerjanya dalam melayani masyarakat. Untuk itulah, peringatan HUT Ke-51 KORPRI Tahun 2022 ini mengangkat tema “KORPRI Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi untuk Negeri”.

Sejalan dengan berlakunya Undang-Undang Aparatur Sipil Negara, KORPRI telah bertransformasi menjadi bagian integral dari pemerintahan yang berperan menjaga kode etik dan standar profesi, mewujudkan jiwa korps sebagai pemersatu bangsa, demi terwujudnya pelayanan dan pengabdian yang optimal bagi seluruh masyarakat bangsa Indonesia. Namun, kecenderungan bureaucratic paternalism seringkali mengakibatkan tidak tercapainya pelayanan publik yang berorientasi terhadap kepentingan masyarakat. Pelayanan publik yang berkualitas harus berorientasi kepada pemenuhan kepuasan pengguna layanan sebagai tugas utamanya.

Untuk itu, dalam amanatnya diingatkan bahwa pelayanan yang berorientasi pada customer service area adalah wujud pelayanan yang terbaik kepada masyarakat atau pelayanan prima. Pelayanan prima ini bisa dikembangkan berdasarkan prinsip 3A, yaitu attitude, attention, dan action.

Ketua KORPRI BPK RI pun mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap keluarga besar KORPRI BPK RI, yang telah bahu membahu menjunjung tinggi nilai dasar Integritas, Independensi, dan Profesionalisme. Selain itu juga sebagai anggota KORPRI yang telah bersinergi demi menyemai dan mengokohkan core value ASN BerAkhlak. ASN yang Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Mengakihiri sambutannya, diharapkan segenap anggota KORPRI di lingkungan BPK RI, konsisten untuk saling menguatkan dalam melaksanakan amanat ini. Semboyan KORPRI Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi untuk Negeri akan menjadi suntikan energi dan motivasi untuk mengokohkan sinergi kolaborasi dalam mencapai tujuan KORPRI. “Dirgahayu Korps Pegawai Republik Indonesia. Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti”.