Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Timur Melakukan Kunjungan Kerja ke Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur

229
Samarinda (12/10) – Tanggal 12 Oktober 2022 pukul 16.00 WITA, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, Agus Priyono S.E., M.Si., Ak, CA, CSFA melakukan kunjungan kerja ke BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur yang diterima langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Hasoloan Manalu, S.E.,M.M. didampingi oleh Pengendali Teknis Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Muksin, Ak., dan Surasno C. Wahyu, S.E., serta PFA Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Iman Santosa yang bertempat di ruang Rapat Sangalaki Kantor Perwakilan BPKP. Dalam kunjungan tersebut, Kepala BPK Perwakilan Kaltim didampingi Kepala Subauditorat Kaltim I, Bombit Agus Mulyo S.E., M.M., Ak., CA, Pemeriksa Ahli Muda, Ahmad Dwi Cahyadi S.E. serta Pemeriksa Ahli Pertama, Rexi Rosandi, S.E. dan Iqbal Mustofa, S.T.
Dalam pembicaraan yang berlangsung hangat tersebut, dilakukan pembahasan terkait kerjasama pengawasan maupun pemeriksaan khususnya dalam hal penarikan data laporan keuangan pada pemerintah-pemerintah daerah di provinsi Kalimantan Timur untuk keperluan pemeriksaan. Penarikan data yang cepat dan tepat, akan meningkatkan efektivitas serta efisiensi pelaksanaan kegiatan pemeriksaan, khususnya terkait kelengkapan dan jangka waktu penarikan data.
Dalam kunjungan tersebut, dilakukan pembahasan terkait Aplikasi BPKP Financial Management Information System SIMDA Next-Generation (FMIS), sebuah aplikasi yang dibangun oleh BPKP untuk membantu penatausahaan keuangan daerah dan bagi APIP yang bermanfaat untuk melakukan pengawasan dalam bentuk audit, reviu, monitoring, dan evaluasi. Aplikasi ini diharapakan dapat membantu BPK dalam melaksanakan proses Pemeriksaan BPK kedepannya serta permasalahan-permasalahan pengelolaan keuangan daerah pada pemerintah daerah di provinsi Kalimatan Timur. Disampaikan pula bahwa BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur dalam waktu dekat akan menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) aplikasi yang digunakan dalam Perencanaan/Pengganggaran, Pemantauan, dan Pelaporan Keuangan Daerah sebagai persiapan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2022. FGD tersebut akan dihadiri oleh Inspektur Daerah dan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) se-Kalimantan Timur.
Kunjungan ini merupakan langkah berkelanjutan yang akan dikembangkan melalui berbagai bentuk kerjasama pengawasan maupun pemeriksaan. Pimpinan kedua lembaga ini berharap dapat membantu provinsi Kalimantan Timur mewujudkan good governance yang akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Timur.