Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Timur Kunjungi Polda Kalimantan Timur

346
Samarinda (26/08) – Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Timur, Agus Priyono S.E., M.Si., Ak, CA, CSFA melakukan kunjungan kerja ke Kantor Kepolisian Daerah Kalimantan Timur atau Polda Kaltim dan diterima langsung oleh Kapolda Kalimantan Timur di ruang kerja Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si. Beliau didampingi oleh Irwasda Polda Kaltim, Kombes Pol Jefri Yunus Endolemba Torunde, S.I.K. dan Kabid Keu. Polda Kaltim, Kombes Pol Herujito, S.E., M.Ak.Ak,. Kedatangan Kepala BPK Perwakilan Kaltim didampingi Kepala Subauditorat Kaltim I Bapak Bombit Agus Mulyo S.E., M.M., Ak., Kepala Subauditorat Kaltim II Agung Hartono S.E., M.M., serta Kasubbag Humas dan TU Kalan Surya Satya Darma, S.E.

Dalam kunjungannya, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Timur berharap sinergi antar BPK dengan Polda Kalimantan Timur selaku Aparat Penegak Hukum (APH) dapat terus terlakasana sebagai langkah untuk mengawal dan mewujudkan good governance dan bermuara pada pencapaian kesejahteraan masyarakat di Provinsi Kalimantan Timur. Selain itu, Sinergi antara BPK dengan Polda Kaltim yang sudah berlangsung dalam bentuk Kerjasama Pemeriksaan Investigasi, Penghitungan Kerugian Negara (PKN) serta Pemberian Keterangan Ahli (PKA) agar dapat lebih ditingkatkan.
Demikian halnya kegiatan-kegiatan lainnya yang menjadi lingkup Memorandum of Understanding (MoU) antara BPK dan POLRI tahun 2020 antara lain mencakup: 1) Tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK yang diberindikasi kerugian negara/daerah dan/atau hukum pidana; 2) Pertukaran data dan informasi; 3) Peningkatan kapasitas dan/atau pemanfaatan Sumber Daya Manusia (SDM); serta 4) Jaminan pengamanan agar implementasinya dapat dioptimalkan di lapangan.
Kepala Perwakilan berserta Kapolda Kaltim juga membahas berbagai tantangan ke depan di Provinsi Kalimantan Timur terutama dengan akan dimulainya proyek-proyek pembangunan infrastruktur di wilayah IKN yang diperkirakan akan mendatangkan 150 ribu tenaga kerja baru di wilayah Kalimantan Timur. Hal ini dapat menimbulkan permasalahan sosial di wilayah IKN dan sekitarnya. Dalam pertemuan tersebut Kapolda Kaltim menegaskan bahwa kepolisian akan tetap menjaga dan menciptakan keadaan yang kondusif serta menciptakan kondisi harmonis di wilayah IKN, sementara BPK akan berperan dari sisi mengawal pertanggungjawaban keuangan melalui pemeriksaan.
Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan plakat sebagai bentuk kenang-kenangan.