Kalan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Kunjungi Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kaltim

114

Samarinda (24/08) – Tanggal 24 Agustus 2022 pukul 13.00 WITA, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Timur, Bapak Agus Priyono S.E., M.Si., Ak, CA, CSFA menerima kunjungan Kepala Perwakilan BPKP Kalimantan Timur Hasoloan Manalu, S.E.,M.M.  di ruang kerja Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Timur. Kedatangan Kepala Perwakilan BPKP Kaltim yang didampingi Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Bapak Ata Sumirta, Ak. diterima oleh Kepala Perwakilan BPK, didampingi Kepala Subauditorat Kaltim I Bapak Bombit Agus Mulyo S.E., M.M., Ak., CA  serta Kepala Subauditorat Kaltim II Bapak Agung Hartono S.E., M.M.Dalam pembicaraan yang berlangsung hangat tersebut, dibahas mengenai tugas serta fungsi dari masing-masing Lembaga, serta harapan untuk dapat dilakukan kolaborasi, baik dari sisi pengawasan maupun pemeriksaan. Kerja sama dari kedua Lembaga dianggap sangat strategis serta akan sangat mendukung pemerintah daerah (termasuk BUMD) dalam mewujudkan pemerintahan yang good governance, yaitu pemerintahan yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, serta bertanggung jawab. Hal ini diharapkan dapat mendorong pemerintah daerah di provinsi Kalimantan Timur yang belum memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang merupakan syarat minimal pengelolaan keuangan daerah untuk dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan dalam pengelolaan keuangan daerah sehingga dapat memperoleh opini WTP dengan meningkatkan kinerja pelaporan keuangan.

Dalam kunjungan tersebut, didiskusikan pula terkait aplikasi Financial Management Information System (FMIS) sebagai bentuk kolaborasi aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dengan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA), juga dibahas terkait permasalahan-permasalahan pengelolaan keuangan daerah pada pemerintah-pemerintah daerah di provinsi Kalimatan Timur

Kunjungan ini diharapkan menjadi langkah awal yang akan dikembangkan lebih lanjut melalui berbagai bentuk kerjasama pengawasan maupun pemeriksaan agar kedua lembaga ini dapat membantu provinsi Kalimantan Timur mewujudkan apa yang diharapkan oleh masyarakat, yaitu mewujudkan pemerintahan yang good governance dan bermuara pada pencapaian kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Timur.