HUT ke-77 BPK RI, Semakin Erat Bersatu Laksanakan Amanat Konstitusi

131

Samarinda, 17 Januari 2024 – BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (BPK Kaltim) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (HUT BPK RI) ke-77 Tahun, Rabu (17/1) di Halaman Kantor BPK Kaltim. Kepala Perwakilan BPK Kaltim, Agus Priyono, S.E., M.Si., Ak, CA, CSFA bertindak selaku inspektur upacara dengan komandan upacara yaitu Pemeriksa Ahli Pertama, Dirga Saka Prasetyo. Upacara ini diikuti oleh Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional Pemeriksa serta seluruh pegawai BPK Kaltim.


Dalam amanat Ketua BPK RI Dr. Isma Yatun, CSFA., CFrA yang dibacakan Inspektur Upacara, disampaikan bahwa perjalanan yang telah dilalui BPK selama 77 tahun tidaklah mudah. Dibutuhkan keberanian, semangat, kekuatan, dan ketekunan, yang hanya dapat diwujudkan melalui komitmen dan dedikasi insan BPK untuk senantiasa mempertahankan standar dan kualitas tertinggi dalam menjalankan mandat dengan berlandaskan tiga nilai utama BPK, independensi, integritas, dan profesionalisme.


“Momen istimewa ini merupakan kesempatan baik untuk mengevaluasi dan merefleksikan kembali apa saja yang telah kita lakukan serta menyiapkan rencana ke depan untuk memperbaiki segala kekurangan yang ada,” pesan Ketua BPK RI.

Dr. Isma Yatun sangat mengapresiasi kinerja dan prestasi dalam memajukan BPK di banyak bidang sekaligus sebagai bentuk akuntabilitas BPK. Untuk itu, integrasi dan sinergi seluruh insan BPK adalah fondasi utama keberhasilan BPK untuk terus bertumbuh dan menginspirasi. Hal ini selaras dengan tema peringatan HUT ke 77, yakni “BPK Satu, BPK Hebat”.


“Sebuah semangat yang merefleksikan harapan seluruh insan BPK agar kita semua, keluarga besar BPK, semakin rekat bersatu dalam menjalankan amanat yang diemban, untuk memberikan sebesar-besarnya manfaat bagi seluruh rakyat Indonesia,” harapnya.Setelah upacara, dilanjutkan acara Tasyakuran HUT Ke-77 BPK RI. Acara yang diadakan di Auditorium Nusantara BPK Kaltim, diawali dengan pemotongan tumpeng serta sambutan Kepala Perwakilan, sekaligus penyerahan penghargaan kepada tiga pegawai terpilih sebagai Pegawai Teladan BPK Kaltim dari tiga kategori berbeda serta penghargaan bagi pegawai purna tugas yang telah mengabdi selama 12 tahun di BPK Kaltim.


Sehari sebelumnya, DKM Masjid Baitul Hasib BPK Kaltim juga mengikuti acara Khataman Qur’an melalui Zoom Meeting yang dikoordinir oleh DKM Baitul Hasib Kantor BPK RI yang diikuti pula oleh seluruh pegawai muslim BPK di seluruh Indonesia. (fly)