Harapkan Muncul Talenta Pemanah Baru Terbaik di Daerah

246

Samarinda, 05 Juli 2023 – Kejuaraan Panahan Piala Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) dan Piala Bepeka Archery Indonesia 2023 sukses digelar. Resmi dibuka pada Rabu (5/7) oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Hari Kesuma dan dihadiri oleh Wakil Ketua BPK RI Agus Joko Pramono yang merupakan Ketua Dewan Pembina Archery Indonesia serta Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kaltim Sutomo Jabir.Sebanyak 30 klub dari daerah kabupaten/kota dengan jumlah atlet 530 orang turun di sembilan nomor kelas tanding dalam event yang digelar di Stadion Kadrie Oening, Kota Samarinda, sejak tanggal 3-9 Juli 2023. Selain Provinsi Kaltim sebagai tuan rumah, hadir perwakilan dari DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara serta Jawa Tengah.Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dewan Pembina Archery Indonesia Agus Joko Pramono mengaku sangat bangga dengan Kaltim yang telah melaksanakan kejuaraan panahan sebesar ini. Terlebih untuk skala nasional, yang disebutnya menjadi salah satu cara menemukan talenta-talenta pemanah baru dalam regenerasi pemanah terbaik dari daerah untuk negeri ini.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini dilaksanakan secara nasional agar kita bisa menemukan bibit-bibit baru di bidang panahan sejak dini yang bisa dibawa ke ajang Nasional maupun Internasional. Ini bukan pertama kalinya BPK terlibat dalam kegiatan olahraga. Khusus untuk BPK Archery yang saya bina, sebelum ini kejuaraan serupa juga sudah kami lakukan di Jakarta dan Sulawesi Tenggara,” kata Agus Joko Pramono.

Menurut pria yang juga Wakil Ketua BPK RI ini mengatakan, Piala Gubernur ini bisa menjadi ajang promosi olahraga panahan ke masyarakat Provinsi Kaltim. “Kejuaraan ini cukup bagus untuk mengenalkan panahan ke masyarakat, terutama generasi muda. Dengan begitu akan banyak bibit baru yang akan bermunculan nantinya,” ungkapnya.

Sementara itu Kadispora Provinsi Kaltim, Agus Hari Kesuma yang membuka langsung kegiatan itu menyampaikan dengan kejuaraan seperti Piala Gubernur ini, ia meyakini cabor panahan akan dikenal semakin luas. Namun ia berpesan pada seluruh peserta untuk dapat meraih prestasi sebaik mungkin dengan mengedepankan sportivitas.

“Kejuaraan Panahan Piala Gubernur Kaltim 2023 juga menjadi ajang untuk mempromosikan potensi olahraga Panahan di wilayah Kaltim melalui kejuaraan ini. Kita berharap menarik minat masyarakat dan generasi muda untuk terlibat olahraga ini,” tutur Agur Hari Kesuma.

Sementara itu Ketua Perpani Kaltim sekaligus Ketua Panitia Piala Gubernur, Sutomo Jabir mengatakan, kegiatan ini merupakan kalender tahunan Perpani Kaltim. Di era kepemimpinannya, Sutomo menyebut sudah tiga kali menggelar event serupa. “Alhamdulillah kegiatan ini bisa konsisten berjalan, semoga seluruh peserta bisa menampilkan kemampuan terbaiknya,” jelasnya.

Pada opening ceremony, dirangkai dengan melakukan sesi panahan secara simbolis yang dilakukan oleh Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kesuma, Ketua Dewan Pembina Archery Indonesia Agus Joko Pramono dan Ketua Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) Kaltim Sutomo Jabir.

Sementara Kejuaraan Panahan Piala Gubernur Kaltim dan Piala Bepeka Archery Indonesia 2023 memasuki babak puncaknya pada Minggu (9/7). Pada puncak kejuaraan yang digelar di Lapangan Sepakbola Stadion Gelora Kadrie Oening Sempaja tersebut, tim dari BlackBee Archery Club berhasil keluar sebagai juara umum setelah berhasil mengumpulkan 16 medali emas. Kemudian disusul oleh tim Sabili Archery Club dengan perolehan 12 emas dan di tempat ketiga tim Kutai Timur dengan perolehan sepuluh emas. (fly)