Gelorakan Semangat Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global

244

Samarinda, 01 Juni 2023 – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kaltim, Kamis (1/6).Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) yakni Kepala Subauditorat Kaltim II BPK Perwakilan Provinsi Kaltim, Mochammad Suharyanto S.E., M.M., Ak., CSCU, CA, ACPA. Upacara dihadiri oleh pejabat struktural dan fungsional serta para pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kaltim.

Pada tahun 2023 ini, tema Hari Lahir Pancasila yang diangkat adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Dalam amanat Presiden RI Ir. Joko Widodo yang dibacakan Inspektur Upacara, disampaikan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni merupakan hari yang paling bermakna bagi masyarakat Indonesia. Dikatakan, Pancasila merupakan realitas objektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural. Ideologi Pancasila mengajarkan sikap toleran, keberanian dan menghargai perbedaan.

Di mana, pengamalan dari setiap nilai-nilai Pancasila yakni perwujudan rasa cinta terhadap tanah air yang bisa membangun bangsa dan negara menjadi lebih baik. Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” kata Mochammad Suharyanto.

Dengan merayakan hari kelahiran Pancasila, diharapkan terbangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Sebagaimana Pancasila merupakan “Ieitstars dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. “Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Di akhir sambutan, Kasubaud Kaltim II juga mengajak seluruh pegawai BPK Perwakilan Provinsi Kaltim untuk terus menggelorakan semangat Pancasila dan berkomitmen bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan. Semoga Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya, Pancasila,” tuntasnya. (fly)