Gelar Legal Visit, ALSA Lc Unmul Kunjungi BPK Kaltim

292

Samarinda, 20 Juni 2023 – Untuk meningkatkan pemahaman mengenai sistem pengawasan keuangan negara yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI di wilayah Provinsi Kaltimantan Timur (Kaltim). Asian Law Students’ Association (ALSA) Local Chapter (LC) Universitas Mulawarman (Unmul) melakukan kunjungan ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kaltim, Selasa (20/6) pukul 14.00 Wita.Kegiatan yang bertema “ALSA Legal Visit 2023 in Collaboration with BPK Kaltim” tersebut diterima oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kaltim Agus Priyono S.E., M.Si., Ak, CA, CSFA didampingi oleh Kepala Subauditorat Kaltim I Bombit Agus Mulyo S.E., M.M., Ak., CA, CSFA dan Kepala Subauditorat Kaltim II Mochammad Suharyanto S.E., M.M., Ak., CSCU, CA, ACPA serta para pejabat struktural BPK Perwakilan Provinsi Kaltim. Sementara rombongan mahasiswa dipimpin oleh Dosen Pembina ALSA LC Unmul Dewi Atriani, S.H., M.Kn dan Sekretaris ALSA Lc Unmul Anggi Purba.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan mengatakan BPK merupakan salah satu lembaga negara yang diatur dalam UUD 1945 untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara bebas dan mandiri dengan visi “Menjadi Lembaga Pemeriksa Terpercaya yang Berperan Aktif dalam Mewujudkan Tata Kelola Keuangan Negara yang Berkualitas dan Bermanfaat untuk Mencapai Tujuan Negara”.

“Dalam mewujudkan visi tersebut, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur terus berbenah diri dalam mewujudkan pemeriksan yang berkualitas dan peningkatan layanan pemeriksaan salah satunya melalui  peningkatan efektivitas dan kualitas hubungan, kerja sama, dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan di Lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur,” jelas Agus Priyono.

Sebagai sarana edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai BPK, Kepala Perwakilan memperkenalkan layanan buku elektronik dengan judul “Mengenal lebih dekat BPK” yang dimiliki oleh BPK Perwakilan Provinsi Kaltim. Buku tersebut dapat diakses melalui website www.kenalbpk.bpkkaltim.com.

Selain itu BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur juga memiliki aplikasi BPK Learning yang menjabarkan informasi terkait kelembagaan, pemeriksaan, dan layanan yang ada pada BPK. Aplikasi BPK Learning ini merupakan inovasi dalam rangka peningkatan pelayanan publik dan persepsi serta kredibilitas BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur yang dapat diakses di website www.learning.bpkkaltim.com.

“Kami ucapkan terima kasih kepada mahasiswa ALSA LC Unmul yang telah berkunjung ke BPK Kaltim. Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat menambah pengetahuan dan pemahaman mahasiswa ALSA Lc Unmul mengenai BPK,” harapnya.

Usai sambutan, kegiatan Legal Visit tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab mahasiswa kepada narasumber yaitu Kepala Subauditorat Kaltim I Bombit Agus Mulyo dan Kepala Subauditorat Kaltim II Mochammad Suharyanto. Para mahasiswa sangat antusias bertanya seputar tugas dan fungsi BPK sebagai lembaga negara yang bebas dan mandiri dalam memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Di akhir kegiatan ditutup dengan foto bersama. (fly)