BPK Sulteng Studi Tiru Pembangunan ZI Menuju WBK pada BPK Kaltim

184

Samarinda – Tim Zona Integritas (ZI) Badan Pemeriksa Keuangan BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah (BPK Sulteng) melakukan Studi Tiru Pembangunan ZI Menuju WBK pada BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (BPK Kaltim), Selasa (19/4).Kedatangan Ketua TIM ZI BPK Sulteng yang juga merupakan Sekretariat Perwakilan Sumono, S.E., Ak., CA, beserta jajarannya ini diterima langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Kaltim, Agus Priyono, S.E., M.Si., Ak, CA, CSFA dan didampingi TIM ZI BPK Kaltim.

“Selamat datang dan selamat melakukan studi tiru dengan segala sarpras dan inovasi yang tersedia di BPK Kaltim. Semoga studi tiru yang dilaksanakan, seluruh jajaran memperoleh ilmu serta wawasan dalam pembangunan ZI nantinya,” ungkap Kepala Perwakilan.

Studi Tiru dilakukan lantaran BPK Kaltim telah mampu meraih predikat WBK pada tahun 2020, sehingga dapat dijadikan motivasi serta percontohan untuk mewujudkan Pembangunan ZI Menuju WBK serta Peningkatan Pelayanan.

Kegiatan diawali dengan pemaparan dari Tim ZI BPK Kaltim, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Subauditorat Kaltim I Bombit Agus Mulyo, S.E., M.M., Ak., CA, CSFA selaku Ketua Tim ZI. Pemaparan dilakukan dengan pemutaran video pembangunan ZI di lingkungan BPK Kaltim, serta penjelasan inovasi-inovasi yang telah dijalankan di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur.

Setelah dilaksanakan pemaparan, dilanjutkan dengan sesi sharing dan diskusi. Mulai dari pemenuhan LKE, penyediaan sarana prasarana yang wajib mengutamakan pelayanan kepada seluruh stakeholder, perlunya konsistensi dalam melibatkan seluruh pegawai dalam kebijakan yang disusun oleh perwakilan, hingga diperlukannya mekanisme penjaminan penegakan nilai dasar BPK.

Dalam hal penyusunan aplikasi yang menggunakan aplikasi, bisa dengan melibatkan peran Kepala Subauditorat dan Kepala Sekretariat Perwakilan dalam melibatkan pihak-pihak khususnya pemeriksa agar tetap terlibat dalam pembangunan Zona Integritas, bisa disiasati dengan menempatkan pihak-pihak tersebut di zona pemeriksaan yang dekat dengan kantor perwakilan.

Setelah diskusi berakhir, rombongan Tim Pembangunan ZI menuju WBK BPK Sulteng dipandu untuk tur area (office tour) melihat fasilitas sarana prasarana, fasilitas pelayanan dan inovasi serta pengenalan ruang layanan terpadu yang terdapat di BPK Kaltim. Kegiatan berakhir pada pukul 15.00 WITA dan ditutup oleh Kepala Subauditorat Kaltim I. (fly)