BPK Kaltim Tingkatkan Sinergisitas Melalui Forum “BPK Mendengar”

324

Samarinda, 13 Juni 2023 – Semakin kuatnya peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai lembaga pemeriksa keuangan negara, menuntut BPK untuk mengelola efektivitas kerja sama dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan. Guna menjembatani para pemangku kepentingan dalam menyuarakan pandangan, penilaian, dan harapannya terhadap BPK, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan kegiatan forum “BPK Mendengar” yang dilaksanakan pada Selasa (13/6) dan dimulai pukul 19.30 Wita di Cafetaria Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kaltim.

Acara ini bertujuan untuk membangun komunikasi yang efektif dengan para pemangku kepentingan terkait dengan tugas dan fungsi BPK, menerima masukan dan penilaian terhadap apa yang telah dilakukan oleh BPK selama ini termasuk juga harapan-harapan kepada BPK dalam menjalankan tugas dan fungsinya di masa yang akan datang.

Acara yang berlangsung dalam suasana hangat dan akrab ini diawali dengan pembukaan oleh Master of Ceremony (MC), mini games dan makan malam bersama. Kemudian, masuk ke acara inti yakni mendengarkan sambutan dan paparan singkat Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kaltim Agus Priyono S.E., M.Si., Ak, CA, CSFA, mengenai kedudukan BPK, tugas dan fungsi BPK termasuk perihal pemeriksaan  serta kewenangan BPK lainnya terutama dalam penyelesaian kerugian negara/daerah dan pemantauan Tindak Lanjut atas Rekomendasi Hasil Pemeriksaan (TLRHP) BPK. Setelah itu, mendengarkan aspirasi dan pertanyaan dari para inspektur kabupaten/kota se-Provinsi Kaltim yang hadir malam itu.

Kepala Perwakilan pun dengan antusias berdiskusi serta menjawab semua pertanyaan-pertanyaan dari para Inspektur. “Atas saran dan masukan yang diberikan kepada BPK khususnya BPK Perwakilan Provinsi Kaltim, tentunya akan menjadi perhatian untuk BPK,” kata Kepala Perwakilan yang didampingi para pejabat struktural dan fungsional pemeriksa BPK Perwakilan Provinsi Kaltim.

Untuk mendukung peningkatan kompetensi, selain penguatan internal kelembagaan, BPK Perwakilan Provinsi Kaltim bertekad menjalin sinergi dan komunikasi yang efektif dengan seluruh pemangku kepentingan. “Saya mengucapkan terima kasih kepada para Inspektur yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga sinergisitas dan kolaborasi BPK dan pemerintah daerah terus terjalin erat untuk menjaga tranparansi dan akuntabilitas pelaksanaan pengelolaan keuangan negara,” harapnya. (fly)