BPK Kaltim Terima Kunjungan Edukasi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mulawarman

125

Samarinda, 17 Mei 2024 – Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (BPK Kaltim) menerima kunjungan dari mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mulawarman (Unmul), Jumat (17/5) di Auditorium Nusantara, Kantor BPK Kaltim. Kunjungan Edukasi mahasiswa yang didampingi Dosen Fakultas Hukum, Dewi Atriani S.H., M.Kn ini diterima langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Kaltim Agus Priyono S.E., M.Si., Ak, CA, CSFA., CFrA.

Dalam sambutannya, Dewi Atriani selaku Dosen mewakili Dekan FH Unmul mengatakan Kunjungan Edukasi dengan tema “Peran dan Fungsi Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Kalimantan Timur” tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa terkait tugas dan wewenang BPK Kaltim, memperluas jejaring relasi BEM FH Unmul, hingga meningkatkan kompetensi SDM dalam dunia kerja di masa depan.

“Terima kasih atas kesediaan BPK menerima kami. Semoga pada kegiatan hari ini mahasiswa kami memperoleh manfaat untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi dirinya,” kata Dosen mata kuliah Hukum Dagang, Hukum Perlindungan Konsumen, Hukum Keuangan Negara, dan Perancangan Kontrak ini.

Sementara itu, dalam sambutan Kepala Perwakilan menjelaskan bahwa BPK merupakan salah satu lembaga negara yang diatur dalam UUD 1945 untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara bebas dan mandiri dengan visi “Menjadi Lembaga Pemeriksa Terpercaya yang Berperan Aktif dalam Mewujudkan Tata Kelola Keuangan Negara yang Berkualitas dan Bermanfaat untuk Mencapai Tujuan Negara”.

“Dalam mewujudkan visi tersebut, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur terus berbenah diri dalam mewujudkan pemeriksan yang berkualitas dan peningkatan layanan pemeriksaan salah satunya melalui  peningkatan efektivitas dan kualitas hubungan, kerja sama, dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan di wilayah BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur,” jelas Agus Priyono.

“Khususnya BPK Kaltim pula sangat terbuka dan mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi yang ada di Kaltim. Termasuk apabila ingin magang, setiap ada permohonan yang masuk saya selalu beri arahan untuk segera ditindaklanjuti,” imbuh Kepala Perwakilan.

Pada sesi diskusi yang menghadirkan Sekretaris Perwakilan Ir. Indra Priyo Suseno S.T., M.AP., MH, CSFA, Kasubbag Hukum Dewi Sekar Rukmi S.H., M.H., C.L.A dan Pemeriksa Madya I Made Dwi Sadnyana S.E., Ak., M.M., CFrA., CA, ini dimulai dengan pemberian materi terkait pemahaman tugas dan fungsi BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, Visi dan Misi, serta Struktur Organisasi. Selanjutnya, dijelaskan terkait peran BPK dalam pemeriksaan keuangan negara dan daerah. Mahasiswa yang hadir pun antusias bertanya pada narasumber yang hadir.

Untuk informasi lebih lanjut terkait informasi seputar BPK, buku “Mengenal Lebih Dekat BPK: Sebuah Panduan Populer” dapat diakses melalui tautan https://kaltim.bpk.go.id/mengenal-lebih-dekat-bpk/.

Atas diterimanya kunjungan tersebut, dosen dan mahasiswa yang hadir menyatakan apresiasi yang tinggi dan akan menjalin relasi yang lebih baik kedepannya dengan BPK Kaltim untuk kegiatan-kegiatan serupa. Untuk itu, mereka juga mendukung BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur dapat meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Tahun 2024. (fly)