34 CPNS BPK Perwakilan Kaltim Diambil Sumpah/Janji PNS

144

Samarinda – Sebanyak 34 CPNS BPK RI formasi tahun 2021 yang mendapat penempatan di kantor Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melaksanakan Pengambilan Sumpah/Janji Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS), pada hari Rabu (22/02/2023) pukul 10.00 Wita di Auditorium Utama Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kaltim. Pengambilan Sumpah/Janji Pengangkatan PNS ini merupakan bentuk ikrar dalam melaksanakan tugas dan amanah yang diberikan, dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab.

Acara pengambilan sumpah/janji pengangkatan PNS tersebut dipimpin oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kaltim Agus Priyono S.E., M.Si., Ak, CA, CSFA. Proses pengambilan sumpah/janji dilakukan secara Islam, Protestan, Katholik dan Budha yang didampingi oleh Rohaniwan dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kaltim dan disaksikan oleh seluruh saksi, pejabat struktural, dan pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kaltim. Para CPNS yang diambil sumpah/janjinya tersebut telah menjalani masa percobaan dan rangkaian Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) selama satu tahun.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan menyampaikan lima poin penting di antaranya pertama; pemahaman nilai-nilai dasar BPK yaitu integritas, independensi, dan profesionalisme, perlu terus dipegang kuat dan ditegakkan dalam diri pegawai. Kedua; belajar tidak selesai setelah diklat selesai di mana masa kerja merupakan masa untuk belajar kehidupan dan kerja yang sebenarnya. Ketiga; pengembangan kapasitas harus terus dilakukan, baik strata pendidikan maupun pendidikan keahlian di antaranya sertifikasi tertentu yang mendukung kerja, serta penunjang lainnya seperti bahasa internasional dan teknologi informasi.

Hal penting yang keempat, disampaikan bahwa PNS yang telah diambil sumpah/janjinya perlu mempelajari dan mengembangkan komunikasi serta network. Sebab, dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, pegawai tidak dapat melakukannya sendiri. Melainkan membutuhkan pihak lain baik internal maupun eksternal. Kelima; berkontribusi dengan gagasan dan inovasi. Hal ini dikarenakan tantangan pelaksanaan tugas dan fungsi membutuhkan gagasan dan inovasi untuk menghadapinya.

“Sebagai Aparatur Sipil Negara, kita juga dituntut untuk dapat menerapkan nilai-nilai dasar ASN “BerAKHLAK” di lingkungan kerja. Bahkan setelah bergabung menjadi PNS BPK, Anda juga menjadi bagian dari orang-orang yang ditugaskan mencapai Visi BPK 2020-2024,” pesan Kepala Perwakilan.

“Saya ucapkan selamat bergabung dan selamat mengabdi sebagai PNS di lingkungan Pelaksana BPK. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, memberkahi, membimbing, dan meridhoi amal ibadah dalam pelaksanaan kerja kita semua,” ungkap Agus Priyono mengakhiri sambutan.

Acara ditutup dengan pemberian ucapan selamat oleh Kepala Perwakilan, Pejabat Struktural, dan pejabat lainnya kepada para PNS yang baru diambil sumpahnya serta foto bersama. (fly)