TPN KemenPAN-RB Lakukan Verifikasi Lapangan di BPK Kaltim

370

Samarinda, 09 Oktober 2023 – Selangkah lagi menuju satuan kerja berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Tim Penilai Nasional (TPN) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah melakukan Verifikasi Lapangan dan Evaluasi Zona Integritas (ZI) menuju WBBM pada BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (BPK Kaltim), Senin (09/10) pukul 09.30 WITA.

Kepala Perwakilan BPK Kaltim Agus Priyono, S.E., M.Si., Ak, CA, CSFA secara langsung menerima kedatangan TPN KemenPAN-RB antara lain Sdri. Chafidloh Mufidah, A.Md.Ak., Sdr. Sely Kurniawan, S.AP., Sdr. Nyoman Bagus Bayu Pradnyana, S.IP, dan Sdri. Shabrina Noviyanti, A.Md.Ak. didampingi oleh Tim Pembangunan ZI WBBM BPK Kaltim. Hadir pula Tim Penilai Internal (TPI) dari Inspektorat Utama BPK RI yaitu Sdri. Dian Insani Ambarwati dan Sdri. Eli Dar Fahmiyana untuk mendampingi BPK Kaltim selama proses verifikasi lapangan dan penilaian oleh empat orang TPN dari KemenPAN-RB tersebut.

Kegiatan verifikasi lapangan ini merupakan bagian dari proses penilaian Zona Integritas, yang bertujuan untuk menilai sejauh mana BPK Kaltim telah memenuhi kriteria WBBM dalam menyelenggarakan pelayanan publik. Sebagaimana diketahui, pada tanggal 22 Agustus 2023 yang lalu, BPK Kaltim telah melalui proses desk evaluasi secara daring bersama dengan TPN KemenPAN-RB.

Mengawali kegiatan verifikasi lapangan, sesuai standart operational procedure (SOP) tim penilai terlebih dahulu diarahkan menuju resepsionis untuk mengisi e-tamu. Setelah itu, dengan didampingi oleh TPI Inspektorat Utama BPK dan Tim ZI BPK Kaltim, TPN menuju Ruang Mulawarman Kantor BPK Kaltim untuk pelaksanaan audiensi dan diskusi. Kepala Perwakilan menyampaikan paparan yang berfokus pada implementasi Zona Integritas pada enam area perubahan (Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Publik), aspek reform, capaian kinerja beserta inovasi yang telah dibuat, baik inovasi berbasis aplikasi maupun inovasi berbasis non aplikasi.

“Kami hadir untuk menindaklanjuti hasil dari desk evalusi yang sudah dilakukan, sekaligus ingin melihat secara langsung apakah yang disampaikan dalam data dukung dan secara virtual meeting sudah sesuai,” jelas Chafidloh Mufidah,A.MD.Ak selaku Ketua TPN.

BPK Learning
Ruang Kearsipan
Media Informasi Publik
Ruang Baca Perpustakaan
Pusat Informasi dan Komunikasi
Ruang Kerja Pegawai
Ruang Rapat
BPK Learning Ruang Kearsipan Media Informasi Publik Ruang Baca Perpustakaan Pusat Informasi dan Komunikasi Ruang Kerja Pegawai Ruang Rapat

Diskusi dan konfirmasi beberapa hal terkait inovasi yang telah dilakukan di BPK Kaltim berlangsung efektif. TPN melakukan tanya jawab kebermanfaatan inovasi yang dibuat bagi para stakeholders BPK Kaltim. Kepala Perwakilan bersama Tim ZI BPK Kaltim pun dengan antusias memberikan penjelasan.

“Pasca meraih predikat WBK pada tahun 2020, BPK Kaltim terus berkomitmen dan konsisten untuk mengembangkan inovasi layanan dalam rangka mewujudkan tata kelola organisasi yang bersih dari korupsi dan meningkatkan kepuasan publik dengan budaya kerja ‘BERKINERJA’ dan moto layanan MEMUASKAN’,” kata Kepala Perwakilan.

Kegiatan verifikasi lapangan kemudian dilanjutkan dengan berkeliling mengunjungi ruang-ruang pelayanan dan ruang kerja (office tour). Pada kesempatan ini, TPN mendapatkan berbagai informasi tentang pelayanan publik yang dijalankan oleh BPK Kaltim. Selama kurang lebih empat jam verifikasi lapangan terlaksana dengan baik. Kepala Perwakilan pun menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap perhatian TPN KemenPAN-RB yang telah memberikan dorongan semangat bagi BPK Kaltim untuk terus memberikan layanan yang semakin baik pada publik.

“Saya juga menyampaikan apresiasi yang tinggi bagi Tim TPI Itama, Tim ZI WBBM dan seluruh pegawai BPK Kaltim yang berpartisipasi mendukung dan menyukseskan kegiatan ini. Semoga niat dan ikhtiar kita meraih predikat WBBM Tahun 2023 dapat diwujudkan,” harap Agus Priyono. (fly)

Video Pembangunan Zona Integritas BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)