Laksanakan Studi Tiru, BPK Kaltim Timba Ilmu Strategi Raih Predikat WBBM

10

 

Samarinda, 03 Oktober 2024 – Sebagai Satuan Kerja (Satker) yang telah meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan sedang berproses meraih predikat Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), tim Zona Integritas (ZI) BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (BPK Kaltim) melaksanakan Studi Tiru ke satker yang telah meraih predikat WBBM, yaitu Kantor Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Samarinda, Kamis (03/10).

Kepala Sekretariat Perwakilan (Kasetlan) BPK Kaltim selaku Penanggung Jawab Tim ZI BPK Kaltim, Ir. Indra Priyo Suseno S.T., M.AP., MH, CSFA beserta seluruh Tim ZI disambut hangat oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha BSPJI Samarinda, Emy Fibrianti, SE., M.M beserta jajaran. Kegiatan diawali dengan sambutan dan pemaparan dari Kepala Sub Bagian Tata Usaha yang menyampaikan tentang kiat BSPJI Samarinda dalam meraih predikat WBBM.

“Hal penting yang harus kita perhatikan dalam WBK dan WBBM adalah konsistensi kegiatan. Apa yang telah dilaksanakan saat WBK harus dilanjutkan sampai dengan WBBM dan proses tersebut harus ada peningkatan contohnya dengan adanya inovasi yang langsung ber-impact kepada pengguna layanan sehingga bisa mendapatkan kepastian layanan,” ucap Emy Fibrianti.


Selanjutnya Emy mengungkapkan di Kaltim telah banyak menerima kunjungan studi tiru baik dari kantor wilayah dan satuan kerja lainnya. Keseluruhan dari studi tiru yang telah terlaksana tertunya bertujuan untuk menimba ilmu sehingga banyak inovasi unggulan yang bisa menjadi masukan bagi satker terkait.
“Kami senantiasa membuka pintu bagi siapapun yang ingin transfer knowledge dan diskusi membangun, WBBM bukan hanya predikat semata namun menjadi tanggung jawab jajaran untuk lebih berperan aktif dan memberikan kontribusi positif,” urainya.
Sementara itu, Kasetlan BPK Kaltim, Ir. Indra Priyo Suseno S.T., M.AP., MH, CSFA menyampaikan kunjungan studi tiru kali ini untuk menimba ilmu yang telah teruji dengan raihan prestasi sehinga dapat menjadi acuan BPK Kaltim dalam meningkatkan sarana dan pelayanan.


“Apa yang telah diterapkan pada Kantor BSPJI semoga nanti juga dapat kami amati, tiru dan terapkan pada BPK Kaltim, sehingga pengguna layanan juga dapat merasakan pelayanan terbaik seperti yang mereka inginkan,” tuturnya.
Kegiatan berlangsung interaktif dan sesi tanya jawab benar-benar dimanfaatkan untuk menggali pengetahuan tentang Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. Seusai pelaksanaan pemaparan dan tanya jawab, kegiatan dilanjutkan dengan rombongan Tim ZI BPK Kaltim dipandu untuk tur area melihat fasilitas sarana prasarana, fasilitas pelayanan dan inovasi serta pengenalan ruang layanan terpadu yang terdapat di BSPJI Samarinda. Sehingga bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran dalam memperbaiki dan meningkatkan layanan pada BPK Kaltim. (fly)