Perkuat Ideologi Bangsa, Ikrar Kesaktian Pancasila Dibacakan saat Upacara

9

Samarinda, 01 Oktober 2024 – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (BPK Kaltim) menggelar upacara yang berlangsung di lapangan parkir Kantor BPK Kaltim, Selasa (1/10).
Pelaksanaan upacara yang mengusung tema ‘Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas’ ini dihadiri oleh jajaran pejabat struktural dan Fungsional serta para pegawai lainnya di BPK Kaltim. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, yakni Kepala Perwakilan BPK Kaltim Agus Priyono, S.E., M.Si., Ak., CA., CSFA., CFrA.
Gelaran upacara yang dimulai pada pukul 08.00 Wita ini berlangsung khidmat, guna mengenang jasa para pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September (G30S) pada tahun 1965. Di hadapan peserta upacara yang hadir, Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2024 turut dibacakan oleh petugas upacara, sebagai komitmen untuk menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa.
Ikrar atau janji merupakan kesungguhan dengan membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


“Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tulisan paragraph akhir naskah Ikrar Kesaktian Pancasila yang ditandatangani Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani. (fly)