BPK Kaltim Kembali Terima Kunjungan Studi Tiru WBK dari Pemkab Berau

40

Samarinda, 26 September 2024 – Pemberian predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) oleh KemenpanRB kepada BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (BPK Kaltim) pada tahun 2020 memberikan citra baik kepada BPK Kaltim. Hal ini dibuktikan dengan kembali diterimanya kunjungan studi tiru bertajuk “Benchmarking Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (ZI menuju WBK)” pada hari Kamis (26/9).

Kali ini giliran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau yang menjadikan BPK Kaltim sebagai rujukan untuk menimba ilmu dalam pembangunan ZI. Rombongan tim ZI Pemkab Berau yang dipimpin oleh Inspektur Pembantu Wilayah III (Irban Wil III) Inspektorat Berau H. Rusdi, S.T dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, David Pamuji, S.Ip, M.M ini diterima langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Kaltim Agus Priyono, S.E., M.Si., Ak., CA., CSFA., CFrA beserta jajaran.

Pada kegiatan yang digelar di Auditorium Nusantara mulai pukul 09.00 Wita ini diawali dengan sambutan Kepala Perwakilan sekaligus pengenalan jajaran tim ZI BPK Kaltim, termasuk penjelasan singkat mengenai progres pembangunan ZI di BPK Kaltim. Dalam sambutan, Kepala Perwakilan (Kalan) mengatakan bahwa kunjungan studi tiru ini merupakan kehormatan bagi BPK Kaltim karena dinilai layak untuk menjadi contoh dalam melakukan pembangunan ZI.

“Selamat datang dan kami merasa terhormat menjadi tujuan studi tiru dari tim studi tiru Pemkab Berau. Saling berbagi pengalaman dan bertukar informasi, semoga kunjungan ini membawa manfaat positif bagi kita semua,” kata Agus Priyono.

Kalan menjelaskan, bahwa kegiatan studi tiru diharapkan dapat menjadi motivasi dan sarana bertukar informasi demi mewujudkan instansi yang memperoleh predikat WBK. Baginya, pertukaran informasi dapat mengubah sudut pandang terhadap suatu kegiatan maupun layanan sehingga pembangunan ZI menuju WBK tidak hanya sebatas formalitas saja.

“Hal yang terpenting bukan menyangkut diperolehnya predikat atau tidak, namun bagaimana melaksanakan kewajiban untuk terus memberikan layanan yang prima kepada masyarakat,” ungkapnya.

Kegiatan studi tiru ini diisi dengan berbagai agenda, antara lain pemaparan inovasi unggulan BPK Kaltim dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab dan office tour dengan berkeliling melihat sarana prasarana serta berbagai layanan dan inovasi pada BPK Kaltim.

Tim studi tiru Pemkab Berau tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka banyak mengajukan pertanyaan tentang strategi dan langkah-langkah yang diambil oleh BPK Kaltim dalam membangun ZI. Tim berharap dengan adanya kunjungan studi tiru ini, dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi Pemkab Berau dalam membangun ZI.

Kepala Disdukcapil Berau, David Pamuji mewakili tim studi tiru Pemkab Berau pun mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas capaian prestasi yang telah diraih BPK Kaltim, serta perkenannya berbagi pengalaman. Diharapkan dengan studi tiru ini, Pemkab Berau bisa meniru dan meraih predikat WBK.

“Kami sangat berterimakasih kepada BPK Kaltim telah menerima dengan baik kedatangan kami. Studi tiru ini menjadi sarana belajar terkait upaya dan strategi dalam membangun dan memperoleh zona integritas menuju WBK di Pemkab Berau. Semoga kami bisa berhasil meraih predikat WBK,” ujar David Pamuji.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan seluruh rombongan studi tiru Pemkab Berau pun tak lupa memberi dukungan kepada BPK Kaltim dalam upaya meraih predikat Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. (fly)