Info Buku : Ilmu Per-Undang-Undangan (1) (Jenis, Fungsi, dan Materi Muatan)

7

PenulisMaria Farida Indrati S.; Prof. Dr. A. Hamid S. Attamimi, S.H
PenerbitKanisius
Tahun2018
Kota
Sinopsis

Buku ini mengetengahkan dasar-dasar dan pembentukan peraturan perundang-undangan yang meliputi proses, Teknik, bahasa, norma hukum, tata susunan (hierarki), jenis-jenis, fungsi, dan materi muatan yang harus dituangkan dalam suatu peraturan perundang-undangan. Buku ini dapat membantu para mahasiswa, teoretis, teknisi, dan mereka yang berhubungan dengan pembentukan peraturan perundang-undangan agar dapat memahami permasalahan tersebut secara lebih baik.
Ny. Maria Farida Indrati Soeprapto, lahir di Surakarta, 14 Juni 1949 Pendidikan Dasar dan Menengah diselesaikan di Surakarta dan dilanjutkan dengan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (1969-1975), kemudian mengikuti Pendidikan Notariat Fakultas Hukum Universitas Indonesia (1976-1953) dan Pendidikan S2 pada Fakultas Pasca Sarjana Bidang Ilmu Hukum Universitas Indonesia (1993-1997), kemudian dilanjutkan pada Program Doktor Bidan Studi Ilmu Hukum Universitas Indonesia (1997-2002). Pada tanggal 1 Maret 2006 diangkat sebagai Guru Besar Tetap Bidang Hukum Perundang-Undangan pada Fakultas Hukum Universitas Indonesia.
Pendidikan lain yang pernah diikuti adalah, Pendidikan Legal DrafIting di Negeri Belanda, tahun 1988, Pendidikan tentang Welgevingsproces, di Vnijie Universiteit Amsterdam, Belanda, tahun 1990 pendidikan Legislative Drafiting di Boston University, USA, tahun 2002 dan Pendidikan lainnya dalam bidang Perundang-undangan.
Sejak tahun 1976, diangkat sebagai staf pengajar Hukum Administrasi Negara pada Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Pada tahun 1982 menjadi staf pengajar mata kuliah Ilmu Perundang-Undangan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan kemudian mata kuliah Teori Perundang-Undangan serta mata kuliah Perancangan Peraturan Negara (Teknik Perundang-Undangan) Selain mengajar di Fakultas Hukum Universitas Indonesia penulis merupakan staf pengajar mata kuliah ilmu Perundang-undangan dan Teori Perundang-undangan pada Bidang Keahlian Perundang-undangan Fakultas Hukum Universitas Indonesia sejak tahun 1986 sampai dengan 1995, dan beberapa fakultas hukum lainnya di Jakarta