Pengambilan Sumpah Janji PNS di BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur

408

Pada hari Kamis, tanggal 25 Februari 2020, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan pengambilan Sumpah Janji Pegawai Negeri Sipil bertempat di Auditorium Lantai III Gedung Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, Jalan M. Yamin Nomor 19 Samarinda.

Pengambilan sumpah dan janji sebagai Pegawai Negeri Sipil tersebut dilakukan kepada 16 (enam belas) orang Calon Pegawai Negeri Sipil Strata-1, setelah menyelesaikan proses sebagai Calon Pegawai negeri Sipil selama 1 (satu) tahun dan dinyatakan dapat diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil, yaitu : Aan Widyantoro, S.T., Andi Tenri Dettya Uleng Pangerang, S.E., Az Zahra Lutfi Prastuti, S.T., Dewi Amborowati, S.E., Elly Christin Manullang, S.E., Haryadi Wijaya, S.T., Kristianus Zega, S.H., M. Aldira, S.E., Maulana Iskak, S.E., Mirza Amalia, S.A., Nur  Wasilah, S.Ak., Ridho Jati Prawira, S.H., Romauli Sianturi, S.E., Ulfandari Yudianti, S.T., Weli Yulianti, S.E., dan Yochie Tria Putra, S.E..

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Dadek Nandemar S.E., MIT., Ak. , CA, CFE selaku Kepala Perwakilan, dengan dibantu oleh para petugas, yaitu Risca Risca Nur Hidayah A.Md.Ak., selaku pembawa acara, Dwi Mala Syafitri A.Md.Ak., sebagai pembaca daftar PNS yang akan disumpah/janji, Mahindri Mahindri Sri Wulansari dan Amalia Irmaningtyas S.E., selaku petugas penyaji data sumpah, Feddy Bayu selaku protokol, Jimmy Nicholas Sitinjak selaku ajudan, serta Agil Prayoga Indraprasetya, dan Rimo Jimo Arto  pada teknisi. Adapun saksi sumpah/ janji untuk PNS yang beragama Islam adalah Supomo, SE dan Haris Ahmad Fadli S.AB., M.AP, untuk yang beragama Katholik adalah Eko Setyo Nugroho, SH dan Baren Sipayung, SH, serta  serta saksi untuk PNS yang beragama Kristen Protestan adalah Lukman Midian S.E., Ak. , CA., dan Ayudya Dheny Arfianto S.H., M.E.. Adapun rohaniawan yang mendampingi pengambilan sumpah adalah Achmad Kosim rohaniawan Islam, Alpius, M.Pd.K dari Agama Kristen Protestan, dan Pastor Wilfridus Sam Dirgawijaya, Rohaniwan dari Agama Katholik.

Rangkaian acara kegiatan pengambilan Sumpah Janji Pegawai Negeri Sipil dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pengambilan sumpah dan janji PNS oleh Kepala Perwakilan di hadapan rohaniawan, penandatangan Berita Acara Pengambilan Sumpah janji PNS, Amanat Kepala Perwakilan, Menyanyikan Lagu Hymne BPK oleh para PNS yang baru diambil sumpah/janji, Prosesi penghormatan Bendera Merah Putih, Penyerahan Slempang BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, dan Pembacaan Doa.

Dalam amanatnya, Kepala Perwakilan  menyatakan bahwa pengambilan sumpah janji PNS merupakan langkah awal dimulainya pengabdian seorang PNS di BPK RI. Pengucapan sumpah dan janji tersebut merupakan kontrak yang dilakukan antara seorang PNS dengan instansi dimana dia bekerja dan kontrak dirinya dengan Tuhan YME, agar dapat melaksanakan tugas dengan baik dan tidak melakukan pelanggaran apapun. Untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, maka seorang PNS di BPK wajib melaksanakan nilai-nilai BPK, yaitu Integritas, Independensi, dan Profesionalisme. PNS yang diambil sumpah/janji-nya adalah PNS milenial yang akan menghadapi pelaksanaan tugas dan tantangan yang lebih berat seiring berlakunya revolusi industry 4.0. Untuk itulah setiap PNS diminta mempersiapkan dirinya secara baik, tidak hanya dari kompetensi, tetapi juga etika, akhlak, dan kemampuan komunikasi dengan entitas.

Di akhir acara, peserta dan hadirin melakukan foto dan video bersama, serta ramah tamah.

Selamat menunaikan tugas sebagai Pegawai Negeri Sipil di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur.