Catatan Berita : TMP Dharma Agung Direnovasi, Dianggarkan Rp8 M

7

RENOVASI terhadap TMP[1] Dharma Agung dilakukan untuk menyambut upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia yang akan diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN)[2]. Karena TMP nantinya bakal dijadikan tempat perenungan pada 17 Agustus mendatang.

Dari pantauan Kaltim Post, saat ini bangunan TMP sedang dilakukan pembongkaran. Seperti gerbang pintu masuk, area parkir, dan halaman monumen taman sudah diratakan. Karena memang perbaikan tersebut ditargetkan selesai dalam waktu dua bulan lebih.

Kepala Dinas Sosial (Dissos) Balikpapan, Edy Gunawan membenarkan TMP sekarang memang sedang direnovasi. Jadi perbaikan itu untuk menyambut upacara 17 Agustus 2024 di IKN. Oleh karenanya, Pemerintah Provinsi Kaltim melalui detail engineering design (DED)[3] Pemerintah Kota Balikpapan kini merenovasi.

Renovasi bertujuan dijadikannya TMP Dharma Agung sebagai lokasi perenungan, selepas upacara di IKN. Karena memang TMP di Balikpapan merupakan lokasi yang paling terdekat.

Walhasil, kata Edy tentunya ini harus dipersiapkan dengan baik, salah satunya melalui renovasi yang tengah dilakukan. “Makanya kita harus mengubah tampilan depan, bagian tengah, maupun monumennya,” ungkapnya. Sementara itu, selama proses renovasi TMP maka tidak ada aktivitas yang berlangsung di sana. Edy menegaskan, TMP lagi ditutup dan tidak ada kegiatan sama sekali. Dikarenakan masih dalam proses pembenahan untuk memperluas kawasan monumen TMP.

Edy juga membeberkan, kalau anggaran yang dikucurkan untuk renovasi kurang lebih Rp8 miliar. Dengan anggaran itu, maka rencana perbaikannya ditargetkan dalam waktu 70 hari ke depan. Di satu sisi, renovasi ini tidak sekadar mempercantik TMP.

Tetapi bagaimana bangunannya nanti bisa lebih baik. “Jadi, bukan dipercantik lagi, tapi harus lebih cantik. Kan taman makam pahlawan (maka) harus paling bagus tampilannya di situ,” pungkasnya. (ms/k15)

Sumber : Kaltim Post tanggal 16 Mei 2024 Halaman 4

Catatan :

  1. Mengenai tujuan dari standar pengelolaan TMPN diatur dalam Pasal 2 Peraturan Menteri Sosial Nomor 23 Tahun 2014 tentang Standar Pengelolaan Taman Makam Pahlawan Nasional dan Makam Pahlawan Nasional (Permensos 23/2014), yaitu bertujuan untuk:
    1. Memberikan acuan bagi Pemerintah, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, dan masyarakat dalam melaksanakan standar pembangunan, pemugaran, pemeliharaan, dan pengelolaan TMPN dan MPN;
    2. Terpeliharanya TMPN dan MPN secara fisik, kelayakan, dan kepatutan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan negara;dan
    3. Berfungsinya TMPN dan MPN secara sosial sebagai media pelestarian nilai dan pembelajaran semangat serta perilaku berbangsa dan bernegara.
  2. Selanjutnya mengenai sumber pendanaan dalam pengelolaan TMPN diatur dalam Pasal 59 Permensos 23/2014, yaitu bahwa sumber pendanaan diambil dari :
    1. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara;
    2. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah; dan/atau
    3. Sumber dana lain yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

[1] Ketentuan mengenai TMP (Taman Makam Pahlawan) diatur dalam Peraturan Menteri Sosial Nomor 23 Tahun 2014 tentang Standar Pengelolaan Taman Makam Pahlawan Nasional dan Makam Pahlawan Nasional. Dalam Pasal 1 angka 2 peraturan tersebut dijelaskan bahwa yang dimaksud Taman Makam Pahlawan Nasional adalah taman makam pahlawan nasional yang berada di provinsi dan kabupaten/kota di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

[2] Berdasarkan Pasal 1 angka 2 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara dijelaskan bahwa IKN (Ibu Kota Nusantara) adalah satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus setingkat provinsi yang wilayahnya menjadi tempat kedudukan Ibu Kota Negara sebagaimana ditetapkan dan diatur dengan Undang-Undang ini.

[3] Menurut Geo BIM Indonesia, Detail Engineering Design (DED) adalah tahap perencanaan teknis lanjutan setelah basic engineering design yang berfokus pada rincian teknis dari sebuah proyek konstruksi. DED merupakan fondasi bagi pelaksanaan konstruksi di lapangan dengan menyediakan informasi teknis yang dibutuhkan oleh kontraktor. (https://geobimindonesia.com/education/detail-engineering-design-ded/)